Adab Berdoa

 

  1. Definisi Doa. Doa adalah memohon atau meminta suatu yang bersifat baik kepada Allah SWT seperti meminta keselamatan hidup, rizki yang halal dan keteguhan iman. Sebaiknya kita berdoa kepada Allah SWT setiap saat karena akan selalu didengar olehNya.

  2. Tujuan Berdo’a. Memohon hidup selalu dalam bimbingan Allah SWTagar selamat dunia akhirat, untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, dan meminta perlindungan Allah SWT dari Setan yang terkutuk.

  3. Waktu-waktu yang tepat atau mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Ketika membaca AlQuran, Setelah Solat wajib, Pada saat tengah malam setelah sholat tahajud, Saat melaksanakan ibadah haji, Saat berpuasa wajib dan sunah.

  4. Adab atau Tata cara Berdoa. Menghadap ke Kiblat / Ka’bah. Sebelum berdoa membaca basmalah, istighfar dan hamdalah, Kemudian diikuti salawat nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya, Mengangkat kedua telapak tangan sebelum berdoa dan mengusap muka dengan telapak tangan setelah doa, khusyuk, ikhlas dan serius, Berharap agar doanya diterima Allah SWT, Berdoa berulang-ulang di lain waktu untuk menunjukkan keseriusan kita agar dikabulkan oleh Allah SWT, Melembutkan suara dan tenang saat berdoa, Setelah berdoa ditutup dengan salawat nabi dan pujian pada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: