Istana Maimoon.

tulah Istana Maimoon milik Sultan Deli. Istana ini bisa menjadi salah satu bukti kejayaan Medan di masa silam. Cerita tentang Medan seabad silam adalah kota milik orang-orang kaya tampaknya bukan isapan jempol semata. Keberadaan istana tersebut merupakan satu buktinya. Istana yang dibangun oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alam sekira 113 tahun silam ini, menghabiskan dana 1 juta gulden. Bayangkan, betapa banyaknya dana itu!

Kini, Istana Maimoon dihuni sekira 10 s.d. 15 kepala keluarga atau 100-an jiwa ahli waris Sultan Deli. Mereka inilah yang setiap hari menyiapkan waktu untuk menyambut sedikitnya 50 tamu, lokal maupun mancanegara, yang berkunjung ke sana. Para pengunjung tidak dipungut bayaran. Namun, para turis biasa rela menyisihkan sedikit uang yang diberikan kepada para penjaga istana yang rata-rata tidak punya pekerjaan tetap.

Ada sepenggal peninggalan sejarah yang menarik di sebuah rumah di samping istana. Barang kuno itu berupa potongan meriam puntung milik Putri Hijau. Di tempat meriam ini, pengunjung umumnya merogoh koceknya lagi untuk menyumbang keluarga istana. Sebagian uang yang diperoleh dari lokasi meriam digunakan untuk belanja bunga, yang nantinya diletakkan di atas meriam setelah dilengkapi dengan kemenyan. Bunga ini setiap hari harus diganti.

Istana Maimoon

Ada sepenggal peninggalan sejarah yang menarik di sebuah rumah di samping istana. Barang kuno itu berupa potongan meriam puntung milik Putri Hijau. Di tempat meriam ini, pengunjung umumnya merogoh kocek sekadarnya untuk menyumbang keluarga istana. Sebagian uang yang diperoleh dari lokasi meriam digunakan untuk belanja bunga, yang nantinya diletakkan di atas meriam setelah dilengkapi dengan kemenyan. Bunga ini setiap hari harus diganti.

istana

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: