Jeme Rambang

        Orang dalam bahasa Rambang adalah Jeme alias Uhang. Yang dimaksud dengan Jeme Rambang adalah anak keturunan masyarakat nenek moyangnya lahir dan berdomisili sepanjang Sungai Rambang. Namun demikian perkembangannya Jeme Rambang menyebar di Kecamatan Rambang Kapak Tengah, Kota Prabumulih atau Penghabung Uleh dan sekitarnya. Kecamatan Rambang dan Kecamatan Rambang Dangku. Jeme Rambang banyak juga yang merantau di Propinsi Lampung serta Kota-kota lain di Indonesia.
Tokoh orang Rambang antara lain : Hi. Bayumi bin Hi. Wahab dari Desa Tambang Rambang yang mempunyai Yayasan IBA di Kota Palembang. Drs.Hi. Maddun Abbas, Mpd dan Hi. Ibrahim Kadir (Mayor Pur. TNI AD) tokoh masyarakat di Lampung.
Kota Prabumulih terdiri dari 4 (empat) : kecamatan yaitu
Kecamatan Rambang Kapak Tengah, Prabumulih Timur, Prabumulih Barat, dan Cambai seluas 336,56 km2 dengan jumlah penduduk keseluruhan sejumlah 119.063 jiwa. Sumber : Badan Pusat Statistik Kota Prabumulih, 2003. Kecamatan dengan luas wilayah terbesar yaitu Kecamatan Rambang Kapak Tengah (114,56 m2) sedangkan kecamatan dengan luas terkecil yaitu Kecamatan Prabumulih Timur (24 km2). Selain sebagai kota penghasil minyak bumi, Prabumulih juga dikenal sebagai kota nanas. Dimana selain memproduksi nanas, juga pemanfaatannya sebagai hasil olahan. Hal ini bisa dibuktikan di sepanjang tepi jalan lalu lintas Sumatera yang melintasi kota ini banyak dijual buah-buah nanas yang sebagian besar berasal dari Kota Prabumulih.
Wilayah
Kecamatan Rambang dibagi habis kedalam 11 desa. Ibukota Kecamatan berlokasi di desa Sugih Waras, berjarak sekitar 129 Kilometer dari Ibukota Kabupaten Muara Enim, atau sekitar 32 kilometer dari Kota Prabumulih. Desa Definitif 1.Marga Mulia 2.Sumber Rahayu 3.Desa Kencana Mulia 4.Desa Sugih Waras 5. Desa Tanjung Raye 6. Desa Tanjung Dalam 7.Desa Sukerami 8.Desa Sugehan 9.Desa Negeri Agung 10.Desa Baru Rambang 11. Desa Pagar
Wilayah
Kecamatan Rambang Dangku dibagi habis kedalam 23 desa. Ibukota kecamatan berlokasi di desa Tebat Agung, berjarak sekitar 64 kilimeter dari Ibukota Kabupaten Muara Enim, atau sekitar 26 kilometer dari kota Prabumulih. Desa Definitif 1.Gunung Raje 2.Desa Pangkalan Babat 3.Desa Baturaje 4.Desa Dangku 5.Desa Siku 6.Desa Kasih Dewa 7.Desa Air Cek Dam 8.Desa Kahuripan Baru 9.Desa Suban Jeriji 10.Desa Gemawang 11.Desa Alur Duri 12.Desa Manunggal Jaya 13.Desa Manunggal Makmur 14.Desa Air Enau 15.Desa Air Talas 16. Desa Jemenang 17.Desa Muare Emburung 18.Desa Tanjung Menang 19.Desa Tabat Agung 20.Desa Lubuk Raman 21.Desa Air Limau 22.Desa Gerinam 23.Desa Muara Niru 24.Desa Banuayu 25.Desa Kuripan.

 

1 Komentar

  1. Oktober 3, 2007 pada 1:37 am

    […] Baca selengkapnya klik disini : […]


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: