Resep Masakan Palembang

Empek-empek Telur

empek-empektelurbesar.jpg
Cara membuat :

Sama seperti resep dasar, tapi adonan tidak dibentuk lonjong. Telur rebus dikupas, lalu bungkus dengan adonan empek empek sampai telurnya tertutup dan bentuknya bulat agak lonjong menyerupai telur besar. Letakan bulat bulatan ini di langseng lalu kukus sampai matang. Menyajikan empek empek :
Semua macam empek empek jika hendak disajikan di goreng terlebih dahulu dengan minyak panas, supaya lebih gurih dan empuk. Panas panas dipotong potong, taruh dipiring. Lalu siram dengan kuah. Supaya lebih menarik ditambah dengan mie rebus, ketimun yang telah diiris tipis atau kol segar yang diiris halus. Bahan tersebut ditaruh diatas empek empek yang telah dipotong potong. Siram kuahnya agak banyak, lalu taburkan sedikit bawang goreng.
Perhatian: Ikan untuk empek empek sebaiknya ikan belida, tenggiri atau kakap.
Selamat Menikmati.

 

Empek-empek Lenggang
empek-empeklenggangbesar.jpg

Untuk Kuahnya :
1. 5 lombok merah
2. 10 lombok rawit
3. 3-5 siung bawang putih
4. Garam
5. Cuka
6. Gula Aren
7. Air matang secukupnya Cara membuat empek-empek :

Ikan setelah dicuci bersih, belah lalu ambil dagingnya dengan cara dikerok dengan sendok. Campurkan ke tepung kanji, aduk aduk, lalu tuangi air garam sambil diaduk aduk sampai rata dan merupakan adonan yang dapat dipulung. Coba sedikit, rasa asin harus terasa, jika kurang tambahkan garam secukupnya. Gulung dengan daun pisang lalu kukus sampai matang. Buka daunnya lalu dinginkan.

Cara membuat kuah :

Semua bahan disatukan lalu gerus sampai halus, tuangi 1 mangkok air matang atau lebih. Bubuhi cuka secukupnya. Rasa harus asin, asam, manis dan pedas. Boleh ditambahkan tongcay yang diiris tipis. Bila ingin kuahnya berwarna kecoklatan, bubuhi 1-2 sendok kecap, ratakan.

Menyajikan empek empek :

Semua macam empek empek jika hendak disajikan di goreng terlebih dahulu dengan minyak panas, supaya lebih gurih dan empuk. Panas panas dipotong potong, taruh dipiring. Lalu siram dengan kuah. Supaya lebih menarik ditambah dengan mie rebus, ketimun yang telah diiris tipis atau kol segar yang diiris halus. Bahan tersebut ditaruh diatas empek empek yang telah dipotong potong. Siram kuahnya agak banyak, lalu taburkan sedikit bawang goreng.

Empek-empek Talas 

empek-empek-talas.jpg

BAHAN :
600 gram talas kukus, dihaluskan
250 gram tepung kanji
400 gram daging ikan gabus segar
4 sendok teh garam
75 ml air es

BAHAN CUKO :
250 gram gula merah, disisir halus
700 ml air
50 gram tongcai
3 sendok makan air jeruk nipis
50 gram ebi sangrai, dihaluskan
1 1/2 sendok makan cuka

BUMBU HALUS :
2 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
8 siung bawang putih
1 sendok teh gula pasir

CARA MEMBUAT :

Buat empek-empek aduk bahan empek-empek lalu saring agar lembut. Bentuk lonjong lalu rebus dalam air mendidih hingga terapung. Angkat dan dinginkan setelah dingin goreng hingga berkulit.

Buat cuko, rebus air dan gula merah sampai larut. Angkat lalu saring. Masukkan bumbu halus, tongcai, air jeruk nipis dan ebi lalu didihkan. Tambahkan cuka dan masak lagi sampai agak mengental. Sajikan empek-empek talas dengan kuah cuko. …

 

Empek-empek Lubara 

pempek_femina1.jpg

Bahan Pempek:
1/2 kg ikan tenggiri tanpa tulang, cincang halus
225 cc air
2 sdt garam
500 gr tepung kanji (sagu)
4 sdm tepung terigu
8 butir telur
minyak untuk menggorengBahan Cuka:
masak jadi satu sampai mendidih:
500 cc air
100 gr gula jawa
50 cc kecap manis
garam secukupnya
3 sdm cuka
50 gr udang kering (ebi), rendam dalam air mendidih, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
3 buah cabai merah, haluskan
5 cabai rawit, haluskan
Cara Membuat:

Remas-remas ikan bersama air dan garam, kemudian masukkan tepung kanji dan tepung terigu. Uleni sampai adonan rata dan legit. Bagi adonan jadi 8 bagian, kemudian tipiskan tiap bagian adonan. Alasi tangan Anda dengan sepotong plastik, kemudian taruh adonan di atasnya. Bentuklah adonan seperti bentuk mangkuk.

Pecahkan 1 butir telur di dalamnya dengan hati-hati sekali. Jaga jangan sampai putih telur kena pinggirannya. Adonan akan sukar merekat. Rapatkan pinggir adonan sampai telur tertutup. Setelah itu masukkan ke dalam air mendidih dan masak selama 10 menit sampai terapung angkat dan tiriskan. Goreng dalam minyak panas sampai warnanya kuning kecoklat-coklatan. Angkat dan hidangkan dengan kuah cuka

Sumber: Rahasia Ratu Dapur Femina 117

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: